Dapat Suntikan Vaksin Pfizer, Ade Fitrie Kirana: Ikhtiar, Semoga Pandemi Segera Berakhir

 

Dapat Suntikan Vaksin Pfizer, Ade Fitrie Kirana: Ikhtiar, Semoga Pandemi Segera Berakhir



Artis Ade Fitrie Kirana meminta segenap pihak untuk mensukseskan program nasional vaksinasi Covid-19

Artis Ade Fitrie Kirana meminta segenap pihak untuk mensukseskan program nasional vaksinasi COVID-19. Pemeran Dewi Kembang di Sinetron Raden Kian Santang, ini menyebut vaksinasi adalah upaya agar segera keluar dari pandemi COVID-19.

Ade Fitrie Kirana baru saja mendapat suntikan vaksin Pfizer. Vaksin berbasis messenger RNA (mRNA) ini mulai digunakan di Jakarta untuk masyarakat umum. "Alhamdulillah, hari ini saya mengikut vaksinasi Pfizer," kata Ade Fitrie Kirana, saat dihubungi pewarta, Rabu (25/8/2021).

"Vaksin melatih sistem imun kita untuk menciptakan protein yang dapat melawan penyakit, yang disebut antibodi, seperti jika kita terpapar pada suatu penyakit, tetapi perbedaan pentingnya adalah bahwa vaksin bekerja tanpa membuat kita sakit," dia menjelaskan.


Demi Pandemi Berakhir


Ia menyebut, setiap orang tentu ingin pandemi ini segera berlalu. Namun, perlu usaha dan kerjasama segala lapisan masyarakat.

"Sebagai warga yang baik pun ingin rasanya segera COVID-19 ini segera berlalu. Nah ini pentingnya kita membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity, yang juga dikenal sebagai kekebalan populasi," kata dia.


Terlindung


Ade Fitrie Kirana merasa vaksin yang sedang diupayakan pemerintah agar bisa diterima masyarakat Indonesia sebagai bagian dari program kekebalan populasi.

"Kekebalan populasi adalah konsep yang digunakan untuk imunisasi, di mana suatu populasi dapat terlindung dari virus tertentu jika suatu ambang cakupan imunisasi tertentu tercapai," dia menerangkan.

 

4 dari 4 halaman

Memutus Rantai Penularan



Kekebalan kelompok tercapai dengan cara melindungi orang dari virus, bukan dengan cara memaparkan orang terhadap virus tersebut.

"Orang yang telah diimunisasi terlindung dari penyakit yang bersangkutan dan tidak dapat menyebarkannya, sehingga memutus rantai penularan. Jadi, kalau kamu belum vaksin, sekarang saatnya. Nggak sakit dan InshaaAllah nggak ada apa-apa kok," imbau Ade Fitri Kirana.