Punya Jiwa Sosial Tinggi, Cinta Laura Banyak Lakukan Aksi Sosial Sampai-sampai Jadi Duta

 

Punya Jiwa Sosial Tinggi, Cinta Laura Banyak Lakukan Aksi Sosial Sampai-sampai Jadi Duta

Kamis, 26 Agustus 2021 09:20

Menjadi seorang perempuan dengan beragam prestasi membanggakan membuat seorang aktris, penyanyi, dan model Cinta Laura Kiehl selalu menjadi sosok panutan yang menginspirasi. Sejak kembalinya Cinta ke Tanah Air setelah ia menyelesaikan studinya di Amerika Serikat banyak sekali gerakan-gerakan kepedulian sosial yang ia lakukan. 

Cinta Laura yang masih cukup aktif di dunia hiburan masih bisa meluangkan waktunya untuk turun langsung menjadi seorang aktivis sosial dan membantu mereka yang membutuhkan. Turut aktif membahas isu mengenai pemberdayaan perempuan, kekerasan terhadap perempuan dan anak, perlindungan anak, pendidikan, hingga bullying, membawa Cinta menjadi seorang yang mampu membawa gebrakan baru untuk jadikan Indonesia yang lebih baik. 

Dengan imagenya sebagai seorang artis blasteran Indonesia-Jerman tentu akan banyak sekali orang yang memandangnya sebelah mata, namun ia mampu buktikan bahwa ia merupakan seseorang dengan yang capable di bidangnya dengan lebih mengutamakan aksi nyata ketimbang hanya sekedar omongan. 

Kira-kira apa saja gerakan-gerakan atau aksi sosial yang sudah seorang Cinta Laura Kiehl lakukan ya KL Lovers? Yuk intip di bawah ini:

1. Aktif Menyuarakan Isu-isu Perempuan dan Anak



Cinta Laura Kiehl merupakan salah satu selebriti yang menggunakan platform yang ia miliki dengan sangat baik dan bijak. Tidak hanya membangun sebuah personal branding melalui sosial media yang ia miliki, namun Cinta juga secara vokal menyuarakan pendapat-pendapatnya terhadap isu-isu yang berhubungan dengan perempuan dan anak. Cinta sangat aware terhadap isu pemberdayaan perempuan maupun kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak.

Seorang Cinta Laura bahkan ikut serta aktif mendukung pengesahan RUU PKS demi adanya perlindungan hukum bagi para korban kekerasan seksual.  Tanpa ragu ia menyuarakan pandangannya dan alasannya mengapa RUU PKS tersebut penting untuk disahkan. 

Melalui interview yang ia hadiri dalam kanal YouTube Asian Boss, Cinta begitu peduli terhadap isu kekerasan terhadap perempuan dan anak. Ia berharap ada keadilan bagi para korban dan berharap agar masyarakat Indonesia bisa lebih melek terhadap isu ini dan peduli terhadap para korban dan benar-benar melindungi mereka. Setuju!

 

2. Ikut Turun Tangan Dalam Yayasan Soekarseno Peduli Milik Keluarga Sang Ibunda



Yayasan Soekarseno Peduli merupakan sebuah organisasi yang mendedikasikan diri mereka pada pemulihan pendidikan dan kesehatan masyarakat di Kabupaten Bogor dan Jakarta Selatan. Yayasan ini ternyata adalah milik dari keluarga Soekarseno yang merupakan keluarga dari ibunda Cinta Laura. Cinta sejak lama sudah bergabung di dalam organisasi ini dan ikut membangun sistem pendidikan yang lebih baik di kaki Gunung Salak, Kabupaten Bogor tersebut. 

Melalui yayasan ini, sudah lebih dari 4000 siswa terbantu pendidikannya dari tingkatan SD hingga SMP dengan sekolah-sekolah yang tersebar di daerah tersebut. Yang menarik dari program milik yayasan Soekarseno ini adalah mereka tidak hanya mengajarkan para murid dalam bidang akademis namun juga memberi pelatihan kemampuan keterampilan seperti menjahit, bertani bahkan teknik dasar. 

Cinta sendiri bahkan pernah turun langsung untuk mengajar para murid di sana untuk belajar bahasa Inggris. Dengan segala pekerjaan dan kariernya yang mapan, Cinta masih sangat aktif berdonasi dengan pemasukannya sendiri untuk membantu sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan yayasan keluarganya tersebut. Jadi tambah kagum banget ya sama hatinya yang sungguh mulia!

 

3. Jadi Duta Anti-kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak



Pada tahun 2019 yang lalu, Cinta Laura Kiehl dianugerahi sebuah mandat oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) untuk menjadi seorang duta anti-kekerasan terhadap perempuan dan anak. Aksi sosial cinta yang kerap vokal menyuarakan isu-isu tersebut nampaknya menarik perhatian publik hingga ia dianggap sebagai orang yang mampu menjadi contoh untuk dibuatnya sebuah langkah baru perubahan untuk yang lebih baik. 

Cinta tentunya sangat berharap bahwa ia akan dapat membantu KPPPA dalam menyukseskan segala program terutama yang berhubungan dengan kesejahteraan perempuan dan anak. Dengan di angkatnya ia menjadi duta tersebut, Cinta berpesan agar masyrakat berhenti untuk melakukan kekerasan terhadap perempuan dan anak dan mengajak untuk saling melindungi. Menginspirasi banget ya KL Lovers!

 

4. Mengkampanyekan


Cinta merupakan seorang pribadi yang sangat peduli terhadap pendidikan dan kesehatan serta kekerasan terhadap anak-anak di Indonesia. Salah satu gerakan yang pernah ia laksanakan adalah ikut serta mengkampanyekan sebuah gerakan peduli terhadap persoalan anak-anak bersama dengan Yayasan Sayangi Tunas Cilik.

Cinta Laura memiliki masa lalu atau masa kecil yang terhitung tidak menyenangkan baginya di mana dia juga pernah menjadi korban bullying karena kondisinya yang merupakan seorang anak dengan ras campuran dengan perbedaan fisik dan juga bahasa yang ia miliki. Melalui pengalamannya tersebut, ia memilih untuk melanjutkan pendidikannya di luar negeri. Pengalaman pahitnya tersebut kini terlihat sebagai sebuah alasan mengapa ia ingin mengajak setiap orang agar menjadi aware dengan isu terhadap anak-anak dan mengajak semua masyarakat untuk melindungi anak-anak bangsa. 

Wah kisah dari Cinta Laura ini sangat hangat dan menginspirasi ya, KL Lovers. Sebagai seorang public figure, ia mampu memaksimalkan sebuah hak istimewa yang ia miliki dengan membantu orang-orang di sekitarnya dan mengedukasi lebih banyak orang untuk lebih peduli terhadap isu-isu yang masih dianggap remeh di negara Indonesia tercinta ini. Semoga ke depannya akan muncul lebih banyak lagi sosok-sosok malaikat tak bersayap seperti Cinta Laura yang punya jiwa sosial tinggi ya.