Joy Red Velvet, <i>Hidden Gem</i> SM yang Ulang Tahun Hari Ini
Joy (Instagram @redvelvet.smtown)

Bagikan:

JAKARTA - Joy dari grup Red Velvet merayakan ulang tahunnya pada hari ini, 3 September. Sepanjang kariernya, dia sudah merambah di dunia tarik suara dan akting.

Bernama asli Park Soo-young, Joy mengikuti audisi lewat Global SM Audition Seoul pada tahun 2012. Saat itu, dia menyanyikan I Wish It Could Be That Way Now dari Cho Yong Pil. Setelah terpilih, dia menjalani masa training selama dua tahun.

Kemunculan Joy sebagai anggota Red Velvet mengejutkan penggemar. Pasalnya, dia adalah satu-satunya anggota grup yang tidak diperkenalkan lewat SM Rookies,

SM Rookies adalah tim predebut yang didirikan SM Entertainment sebelum melakukan debut. Tim ini menghasilkan berbagai idol yang debut lewat grup Red Velvet, NCT, dan aespa.

Variety Show

Ketika awal debut di tahun 2014, Joy lebih banyak berfokus dengan aktivitas grup. Setahun kemudian, Joy memulai aktivitas solonya dengan tampil menjadi suami istri bersama Sungjae BTOB di variety show We Got Married. Berkat penampilannya, Joy mendapat penghargaan New Star Award di MBC Entertainment Awards 2015. Dia juga sempat berduet dengan Sungjae untuk lagu Young Love.

Kepribadiannya yang ceria dan lucu membuat dia dipercaya untuk memandu acara Sugar Man, Pajamas Friends, Get It Beauty, dan Handsome Tigers. Joy mudah bergaul dan membaur dengan figur dari berbagai industri mulai dari olahraga sampai model.

Penampilan Solo

Perlahan tapi pasti, suara Joy mulai dikenal secara publik. Dia berduet dengan beberapa penyanyi seperti Lim Seul-ong, Mark NCT, Crush, dan masih banyak lainnya.

Joy juga mengisi berbagai soundtrack drama Korea. Akan tetapi drama Hospital Playlist mengantarnya ke puncak popularitas. Dia menyanyikan Introduce Me a Good Person dan lagu ini menempati urutan pertama di tangga musik. Tahun 2020, Joy menjadi satu-satunya penyanyi SM yang belum debut solo namun sudah mendapat nominasi Bonsang.

Akting

Joy memulai aktingnya dengan menjadi pemeran utama drama Korea The Liar and His Lover. Drama ini bergenre musikal sehingga Joy juga turut menyanyikan beberapa lagu untuk drama ini. Selain itu, dia juga berperan dalam drama Korea Tempted bersama Woo Doo Hwan. Aktingnya membawa dia memperoleh beberapa nominasi di MBC Drama Awards dan The Seoul Awards.

Tahun ini, Joy akan kembali berakting lewat drama Korea Only One Person bersama Kim Kyung Nam dan Ahn Eun Jin. Drama ini akan tayang mulai Desember mendatang.

Debut Solo

Joy menandai debut solonya pada Mei tahun ini dengan sebuah album spesial. Album ini berisi enam lagu remake dari tahun 1990 hingga 2000. Bertajuk Hello, album debut Joy mendapat apresiasi positif. Lagu Hello masih berada di tangga musik lokal dan internasional. Begitu juga dengan lima trek lainnya.