Deretan Musisi yang Colek Jokowi, Didi Riyadi hingga Coldplay

 

Deretan Musisi yang Colek Jokowi, Didi Riyadi hingga Coldplay

Tim detikcom - detikHot
Minggu, 19 Sep 2021 14:38 WIB
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyempatkan diri menonton Konser Guns N Roses di di Mata Elang Internasional Stadium (MEIS) Ancol, Jakarta (16/12/2012). File/detikFoto.
Jokowi dan beberapa musisi yang pernah mencoleknya. Dok. detikcom
Jakarta - 

Selain kiprah di dunia politik, Presiden Joko Widodo dikenal sebagai penikmat musik, khususnya aliran musik metal. Beragam konser band dalam negeri hingga luar pun dihadiri olehnya.

Hal ini membuat munculnya kedekatan antara musisi dengan sang presiden Republik Indonesia itu. Siapa saja musisi yang sempat mencolek Jokowi?


Didi Riyadi

Selain sebagai musisi, Didi Riyadi juga berprofesi sebagai pengusaha. Ia pun sempat curhat dan meminta 'tolong' pada Jokowi untuk masalah Peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang disebutnya merugikan rakyat kecil.

Didi Riyadi juga mempertanyakan apakah PPKM darurat menjadi pilihan yang solutif. Dia merasa belum tentu pilihan tersebut juga pas dan sesuai untuk rakyat

Surat terbuka yang ditujukannya untuk Jokowi pun menjadi heboh dan membuat pro-kontra di masyarakat. Bahkan sampai membuat beberapa politikus angkat bicara.

"Kan pemerintah maksudnya bilang kita open banget lo dikasih kritik, dikasih masukan surat yang ibaratnya surat yang gue layangan untuk Bapak Presiden pun juga artinya juga ada fakta, why, kenapanya, juga ada gitu," ungkap Didi Riyadi.

David Coverdale

Vokalis Deep Purple dan White Snake, David Coverdale sempat membuat video berdurasi 21 detik yang ditujukkan pada Jokowi. Bukan keluh kesah atau curhatan untuk aksi sosial melainkan hanya ajakan untuk bersenang-senang di dalam acara musik JogjaROCKarta yang diisi olehnya.

"Hai Tuan Presiden, sebuah kehormatan bagi saya. Saya David Coverdale dari Whitesnake, mengundang Anda untuk mengunjungi pertunjukan rock kami, di festival musik rock terkenal di Indonesia pada 1 Maret 2020," kata David Coverdale dalam video tersebut.

"Saya dengar Anda penggemar musik rock sejati. Jadi sangat terhormat sekali dapat tampil di hadapan Anda, serta di hadapan masyarakat Anda yang luar biasa. It's been too long," sambung David Coverdale, mantan vokalis Deep Purple.

Rob Halford

Vokalis Judas Priest, Rob Halford, juga melakukan hal yang sama seperti David Coverdale. Mengetahui Jokowi merupakan fans musik mereka, ia pun berharap kehadirannya dalam konser mereka yang digelar di Ancol, Jakarta Utara pada 7 Desember 2018 lalu.

"Itu bakal jadi sangat luar biasa karena kami tahu presiden kalian juga seorang penggemar berat musik heavy metal. Akan menjadi sangat fantastis dan kami harap beliau bisa hadir esok hari. Ini akan menjadi sebuah kehormatan bagi kami," ungkap Rob Halford dalam press conference.

Mereka pun menyebutkan jika konsernya itu merupakan andil dari para metalhead di Tanah Air, khususnya Presiden Jokowi. Sebelumnya ia memang mengaku jika mengagumi band-band cadas dan salah satunya adalah Judas Priest.

Ucapan itu pun viral dan ditanggapi oleh beberapa musisi metal di seluruh dunia.

"Kami tidak akan sampai sini jika tidak ada undangan dari promotor dan karena para heavy metal maniac, yang sangat menentukan momen ini bisa terjadi sehingga kami kemari. Dan yang paling spesial adalah presiden Anda yang merupakan seorang heavy metal maniac. Jadi itu adalah kombinasi dari ketiganya ini," pungkas Rob Halford.


Randy Blythe

Vokalis Lamb of God yakni Randy Blythe ternyata turut mengikuti pesta politik terbesar di Indonesia yakni Pemilihan Presiden (Pilpres).

Pada momen Pilpres 2014 lalu, ia sempat menuliskan ucapan selamat atas kemenangan Joko Widodo dan terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia.

"Maksud saya, dapatkah anda bayangkan? Hanya satu presiden di dunia ini yang mau duduk bareng dengan Anda sambil adu argumen tentang album Slayer (Band thrash metal asal California, AS) selain Jokowi. Manakah yang terbaik, Holly crap, Luar Biasa," tulis Blythe.

Tak hanya itu saja, vokalis Lamb Of God itu pun seolah mempromosikan Jokowi ke seluruh penggemarnya dengan menyebutkan jika ia adalah presiden heavy metal pertama di dunia.

"Luar biasa, tuan & nyonya, ini dia presiden Indonesia yang baru, dia seorang metalhead (penggemar musik metal) sekaligus penggemar Lamb of God. Ini bukan guyonan, ya foto ini asli. Dia juga menggilai Napalm Death, Metallica, Megadeth, dan lainnya. Holy crap! Presiden heavy metal pertama di Dunia! Wow. Seorang presiden metal head, siapa yang mengira? Amazing," tulisnya.

Coldplay

Baru-baru ini Coldplay membuat heboh dengan mengajak Presiden Jokowi untuk bergabung dalam Ban Ki Moon Centre dan menjadi koalisi advokasi atas krisis iklim yang terjadi di Indonesia dalam acara #GlobalCitizenLive.

"Jokowi, maukah kamu bergabung dengan @bankimooncentre dan koalisi penggiat iklim Indonesia di #GlobalCitizenLive dan membuat komitmen untuk bumi? Anda memimpin, maka yang lain akan mengikuti," cuit Coldplay.

Global Citizen Live adalah acara global selama 24 jam yang akan dimulai pada 25 September 2021. Acara tersebut digelar untuk menyatukan dunia mempertahankan planet bumi dan melawan kemiskinan.

Tahun ini, Global Citizen Live akan serentak dilaksanakan di beberapa kota seperti Lagos, Paris, New York City, Los Angeles, Rio, Sydney, Seoul, Mumbai, London, dan beberapa kota lain.

Hingga saat ini pun belum ada tanggapan dari Jokowi atas cuitan yang menandai dirinya itu.

Sementara itu Ban Ki Moon Centre adalah organisasi quasi-internasional berbasis di Vienna, Austria. Organisasi ini berfokus pada permasalahan global dan namanya diambil dari Sekretaris Jenderal PBB periode 2007-2016 asal Korea Selatan yakni Ban Ki Moon.