IWAN FALS merilis album ke-42 bertajuk ''PUN AKU''

 

Ulang Tahun Ke-60, Iwan Fals Rilis Album Ke-42

Jumat, 3 September 2021 | 23:40 WIB
Oleh : Chairul Fikri / BW



Jakarta, Beritasatu.com - Penyanyi legendaris Virgiawan Listanto atau yang akrab disapa Iwan Fals merilis album ke-42 bertajuk Pun Aku.

Album baru yang dirilisnya bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-60. Iwan menyebut, album yang dirilisnya pada hari jadinya ini sebagai karya terbarunya, dan jadi bukti pada usia yang tak muda lagi, dia tetap bisa berkarya dan produktif menciptakan lagu.

Hal itu diungkapkan pelantun tembang Bongkar itu saat jumpa pers virtual, Jumat (3/9/2021).

"Album ini merupakan karya refleksi saya di mana single yang ada di dalam album tersebut menceritakan tentang diri saya sebagai Iwan Fals. Dan ini sangat personal banget," ungkap Iwan.

Terkait lagu berjudul Pun Aku yang kemudian dijadikan nama album ke-42, Iwan menyatakan, lagu ini bercerita tentang kehidupan pribadinya yang mungkin banyak dilihat dan diketahui orang. Lagu itu berisikan tentang siapa sang legenda.

"Lagu Pun Aku ini adalah representasi diri saya. Kisah-kisah di lagu ini berisi penggalan diri saya di zaman reformasi. Catatan-catatan yang saya lakukan dan saya merasa tidak bisa lari dari saya sendiri. Dan dari lagu ini, saya berani ngomong, ‘emang cuma Bung Karno dan Bung Hatta bisa saya bikinin lagu, gue juga pengen bikin lagu di perjalanan setengah bercanda ini. Jadi, gue nyanyiin buat diri sendiri’," tambahnya.

Iwan juga mengajak beberapa musisi muda berkolaborasi dengannya dalam 12 single yang diciptakannya di album barunya ini. Iwan menganggap dengan mengajak musisi lintas generasi, dia bisa memberikan warna baru dalam perjalanan kariernya.

"Albumnya diproduksi Musica Studio dengan diproduseri Rambu Cikal dan Lafa Pratomo. Dan untuk album ini saya mengajak beberapa musisi muda seperti Danilla, Nadin Amiza, Nona Ria, Sandrayati, dan Rara Sekar untuk berkolaborasi dan memberi warna baru musik saya. Dan secara khusus saya juga ajak Maizura, Zara Leola, Shakira Jasmine, Regina Poetiray, Difki Khalif, Rheno Poetiray, dan Stevan Pasaribu untuk jadi penyanyi latar untuk lagu Kabar Aroma Tanah," tandasnya.

Lagu-lagu yang ada dalam album tersebut, antara lain Selamat, Sebuah Genteng, Kata Siapa Cinta Itu Menyakitkan?, Bunga Kayu, Penghibur Hati, Untukmu, Patah, 16/01, Merah Putih, dan Aku.