Jika ''JOKOWI'' Amini Jabatan 3 Periode, JoMan akan MELAWAN!!

 

Jika Jokowi Amini Jabatan 3 Periode, JoMan akan Melawan

Faiq Azmi - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 10:01 WIB
JoMan (Jokowi Mania) Jatim deklarasi di surabaya
Deklarasi relawan Ganjar Pranowo (Foto file: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya - 

Presiden Jokowi berkali-kali menolak tegas usul perpanjangan masa jabatan presiden dan presiden 3 periode. Jokowi tercatat sudah menolak usulan ini sejak 2019.

Ketua Jokowi Mania (JoMan) Immanuel Ebenezer menyebut wacana presiden 3 periode sudah tak relevan. Jika Jokowi mengamini usul perpanjangan masa jabatan presiden dan presiden 3 periode, pihaknya akan melawan.

"Kalau Jokowi mengaminkan gagasan 3 peirode, lawannya ya kita, kawan-kawan media juga. Beliau sadar dan paham akan itu. Jokowi tidak mau mengecewakan pendukung soal kekuasaan. Beliau teruji tidak haus kekuasaan," kata pria yang akrab disapa Noel ini kepada wartawan usai deklarasi relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania di Hotel Garden Palace Surabaya, Jumat (17/9/2021).

Baca juga: Ketum JoMan Dukung Ganjar: Wacana Presiden 3 Periode Sudah Tak Relevan

Sementara perwakilan JoMan Jatim yang juga koordinator GP Mania Warto Adi mengatakan, pihaknya yakin tidak akan ada perpanjangan masa jabatan presiden.

"Amandemen insya allah tidak ada. Relawan tidak mendukung 3 periode dan perpanjangan. Kita konsolidasi dengan Korda untuk mendeklarasikan dukungan ke Pak Ganjar," jelasnya.

Loaded0.17%

Hal senada diungkapkan perwakilan JoMan Jatim yang juga koordinator GP Mania Warto Adi. Pihaknya meyakini tidak akan ada perpanjangan masa jabatan presiden.

"Amandemen insya allah tidak ada. Relawan tidak mendukung jabatan presiden 3 periode dan perpanjangan. Kita konsolidasi dengan Korda untuk mendeklarasikan dukungan ke Pak Ganjar," katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Jokowi juga menilai pihak yang memunculkan wacana itu hendak 'cari muka' ke dirinya. Dia pun menilai sebaiknya amendemen UUD tidak perlu dilakukan.

Daripada amendemen UUD 1945 melebar, Jokowi meminta lebih baik berfokus ke tekanan-tekanan eksternal. Jokowi tak langsung menunjuk hidung pihak yang dia maksud, tapi dia menyebut ada yang ingin 'cari muka' hingga menjerumuskannya.

Baca juga: Jangan Cari Muka! Jokowi Berulang Kali Tolak Perpanjang Jabatan

"Ada dari akar rumput, dari pihak kekuatan politik, misalnya mengusulkan itu. Biarkan saja. Yang penting kan saya sudah menolak. Sikap saya sama seperti sebelum-sebelumnya. Gimana saya harus menjawab lagi," ujarnya.

Jokowi kemudian menanggapi isu perpanjangan masa jabatan presiden hingga 2027. Dia menegaskan menolak usulan itu.

"Jawaban saya tetap sama saja," kata Jokowi.