PUAN MAHARANI Ditunjuk Jadi Keynote Speaker di Forum Ketua Parlemen Dunia,

 

Puan Maharani Ditunjuk Jadi Keynote Speaker di Forum Ketua Parlemen Dunia, Siap Angkat Isu Multilateralisme

- 5 September 2021, 08:17 WIB
Ketua DPR, Puan Maharani.
Ketua DPR, Puan Maharani. /Instagram.com/@puanmaharaniri.

PIKIRAN RAKYAT – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2019-2024, Puan Maharani menunjukkan eksistensinya tak hanya di dalam, tetapi juga di luar negeri.

Pasalnya, Puan Maharani baru didaulat menjadi keynote speaker atau pembicara kunci dalam konferensi tingkat dunia, yakni World Conference of Speakers of Parliament.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari situs dpr.go.id pada 4 September 2021, Fifth World Conference of Speakers of Parliament (WCSP) yang dihadiri Puan Maharani akan digelar di Wina, Austria, pada 6-8 September 2021.

WCSP merupakan forum 5 tahun sekali yang digelar organisasi internasional beranggotakan parlemen-parlemen dari negara-negara berdaulat, yaitu Inter-Parliamentary Union (IPU) yang bekerja sama dengan Austria National Council.

Baca Juga: Sejarah Tercipta, Ganda Putri Badminton Indonesia Raih Medali Emas Paralimpiade Tokyo 2021

Ketua DPR RI rencananya akan hadir secara fisik dalam forum tersebut untuk menyampaikan pesan tentang tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals.

Masih melansir sumber yang sama, Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar menjelaskan bahwa Puan akan didampingi Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Sihar Sitorus.

“Pertemuan ini diadakan setiap 5 tahun sekali dan jika hanya diwakilkan oleh IPU tidak menjamin akan mendapat hak bicara,” kata Indra dalam keterangan persnya di Jakarta pada 3 September 2021.

Menurut Indra, pertemuan di Gedung Parlemen Austria mendatang merupakan kelanjutan dari sesi pertama yang telah lebih dahulu diselenggarakan secara virtual pada 19-20 Agustus 2021 lalu.

Baca Juga: Digosipkan Punya Hubungan Spesial, Luna Maya Kepergok Nonton Bareng US Open Bareng Ryochin

WCSP edisi kelima ini akan mengangkat isu terkait multilateralisme untuk perdamaian dan pembangunan berkelanjutan.

Isu multilateralisme dipilih menjadi topik utama lantaran menurut IPU tantangan global yang saat ini terjadi hanya akan bisa ditangani melalui kolaborasi, koordinasi, dan respons bersama seluruh negara di dunia.

“Ibu Ketua DPR sudah ikut menyiapkan pertemuan ini dalam 5 kali Preparatory Committee (Prepcom) dengan memberi masukan terkait format dan substansi WCSP dan Summit of Women Speakers. Pertemuan ini merupakan forum yang tepat untuk menjalin networking di antara Ketua Parlemen,” jelas Indra menambahkan.

Mengulik tentang penunjukan Puan Maharani sebagai keynote speaker dalam WCSP, Indra Iskandar menyebut Ketua DPR RI tersebut memiliki andil cukup besar.

Baca Juga: Malaysia Heran Kasus Covid-19 Indonesia Turun Lebih Cepat, Padahal Populasi Besar

Puan Maharani disebutkan akan menjadi keynote speaker dalam dialog interaktif bertema ‘Achieving Sustainable Development Requires More Attention on Human Wellbeing and Environmental Preservation than on Economic Growth’.

Dialog ini juga akan dimoderatori oleh jurnalis dan komentator politik Deutsche Welle, Melinda Crane-Rohrs.

Selain itu, para ketua parlemen sedunia akan menyepakati suatu deklarasi tentang peran parlemen dalam menjalankan multilateralisme yang efektif di akhir konferensi.

“Ibu Ketua mendapat peran besar sebagai pembicara pada General Debate pertama, dengan tema terkait keseimbangan pembangunan ekonomi, lingkungan, dan sosial,” ungkap Indra.

Baca Juga: Parahnya Perampokan Uang Rakyat Dinilai Sebabkan Taliban Cepat Kuasai Afghanistan

Peran keynote speaker yang disandang Ketua DPR RI Puan Maharani dalam WCSP tak dapat dipandang mata.

Berdasarkan penjelasan dalam laman speakerflow.com, seorang pembicara kunci bertugas membuka sekaligus mengatur tema forum secara menyeluruh.

Bukan hanya itu, keynote speaker juga bertujuan memberikan perspektif kepada peserta forum melalui pesan mendetail yang ia sampaikan kepada peserta.***