Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis kedua di sentra vaksinasi yang digelar Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Masjid Al-Jabbar Bandung, Rabu.

Dalam keterangan dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Wapres (BPMI Setwapres), Ma'ruf Amin mengapresiasi peran Wantannas dan Pemprov Jabar dalam mendukung program percepatan vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunal atau herd immunity di tengah krisis pandemi COVID-19.

"Ini penting mengingat vaksinasi sebagai salah satu bentuk ikhtiar kita dalam menghadapi pandemi COVID-19, dan untuk mewujudkan kekebalan komunal," kata Wapres Ma’ruf di Masjid Al-Jabbar Bandung, Rabu.

Baca juga: Wapres apresiasi pembentukan "urban farming" Cicendo

Wapres juga menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang terlibat dalam pelaksanaan vaksinasi, juga kepada para pekerja di sektor industri dan konstruksi yang melaksanakan vaksinasi COVID-19.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah bersedia mengalokasikan waktu dan tempat untuk penyelenggaraan sentra vaksinasi ini, khususnya bagi para pekerja di tempat industri dan konstruksi. Semoga bisa menjadi contoh bagi masyarakat lain," jelasnya.

Meskipun sudah mendapatkan vaksin COVID-19 dan angka kasus penularan secara nasional mengalami penurunan, Wapres tetap mengingatkan seluruh masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan ketat.

Wapres juga mengimbau seluruh jajaran kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian (K/L) serta pemerintah daerah (pemda) untuk terus menyosialisasikan pentingnya vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat.

"Saya minta peran aktif semua pihak untuk bersama-sama dengan Pemerintah pusat dan pemda melakukan sosialisasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat, serta menjadi role model perubahan perilaku hidup sehat di masyarakat," ujar Wapres.

Sentra vaksinasi di Masjid Al-Jabbar Bandung tersebut diselenggarakan pada 23-29 Agustus 2021 untuk pemberian dosis pertama dan 23-29 September 2021 untuk dosis kedua.

Sasaran penerima vaksin COVID-19 di sentra tersebut sebanyak 10.409 orang, dengan target 1.300 orang, dari kalangan pekerja industri, pekerja konstruksi, pelajar usia 12-17 tahun dan masyarakat sekitar Masjid.

Jenis vaksin COVID-19 yang digunakan di sentra tersebut ialah Sinovac dan Sinopharm, dengan tenaga kesehatan penyuntik sebanyak 59 orang dari Dinas Kesehatan Provinsi Jabar, Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jabar dan 47 orang relawan.

Baca juga: Wapres lakukan kunjungan kerja ke Jawa Barat
Baca juga: Stafsus Wapres dorong platform digital tingkatkan ekspor UMKM


Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021