CEK FAKTA: Hoaks Video Presiden Jokowi Nyatakan Siap Masa Jabatan 3 Periode

 

CEK FAKTA: Hoaks Video Presiden Jokowi Nyatakan Siap Masa Jabatan 3 Periode

Kamis, 21 Oktober 2021 13:36Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
  •  
  •  


Presiden Jokowi bagikan sembako dan vitamin di Sunter. ©BPMI

Merdeka.com - Sebuah video menampilkan Presiden Joko Widodo dan diklaim sebagai sikap kepala negara siap menjabat selama tiga periode.



istimewa

"Saya tegaskan saya berminat menjadi presiden tiga periode"

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri video tersebut. Hasilnya, video tersebut bukan soal Presiden Jokowi siap memimpin 3 periode.

Video ditelusuri menggunakan Google Reverse Image. Hasilnya, ditemukan video serupa yang pernah diunggah oleh akun Youtube Sekretariat Presiden dengan judul "Keterangan Pers Presiden Jokowi, Istana Merdeka, 15 Maret 2021".

Dalam video yang diunggah akun Youtube Sekretariat Presiden, dijelaskan bahwa Presiden Jokowi hanya memberi keterangan soal jabatan 3 periode.

"Apalagi yang harus saya sampaikan. Bolak-balik. Ya sikap saya gak berubah. Janganlah membuat kegaduhan baru. Kita saat ini tengah fokus pada penanganan pandemi. dan saya tegaskan, saya tidak ada niat, tidak ada juga berminat menjadi presiden 3 periode."

Kesimpulan

Sebuah video Presiden Jokowi menyebut siap memperpanjang masa jabatan menjadi 3 periode adalah hoaks. Video tersebut sudah disunting.

Video asli diunggah oleh akun Youtube Sekretariat Presiden, yang berisi bahwa Presiden Jokowi tidak berminat menjadi presiden 3 periode.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]