Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani berharap ada peningkatan kesejahteraan prajurit dalam peringatan HUT Ke-76 TNI karena kinerja institusi tersebut yang memuaskan dalam menjaga pertahanan dan ketahanan negara sehingga harus mendapat perhatian lebih dari pemerintah.

"Saya mengapresiasi kinerja TNI sebagai garda pertahanan negara, khususnya dalam dua tahun terakhir seluruh jajaran TNI turut membantu pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan dalam berbagai survei, TNI menjadi lembaga negara yang memiliki citra sangat tinggi, misalnya survei Litbang Kompas yang menyebutkan bahwa publik menilai TNI telah melakukan beragam kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan mendapat tingkat kepuasan sebesar 78,1 persen untuk penanganan pandemi COVID-19.

Baca juga: Puan Maharani: TNI perlu penguatan di bidang teknologi

Puan mengatakan banyak masyarakat yang merasa terbantu dengan upaya-upaya yang dilakukan TNI, seperti membantu pembagian kebutuhan pokok bagi masyarakat dan program vaksinasi COVID-19.

"Bukan hanya sekadar menyelenggarakan vaksinasi massal, tapi banyak satuan TNI yang melakukan jemput bola untuk vaksinasi warga," ujarnya.

Dia mengatakan karena peran TNI membantu program vaksinasi COVID-19, maka masyarakat di daerah perbatasan hingga wilayah yang geografisnya cukup berat sudah bisa mendapat vaksin.

Menurut dia, kepuasan masyarakat kepada kinerja TNI harus dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan prajurit.

Baca juga: Ketua DPR RI tanam dan jajan jagung bareng Jokowi di Sorong Papua

Puan mengingatkan komitmen pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit dan fasilitas TNI.

“Saya harap rencana kenaikan tunjangan kinerja sebesar 80 persen bagi prajurit TNI bisa segera direalisasikan. Karena tugas TNI tidak mudah, selain menjaga pertahanan negara, prajurit TNI juga memiliki tugas operasi militer selain perang," katanya.

Dia berharap pemerintah lebih memperhatikan keselamatan prajurit saat melaksanakan tugas-tugasnya karena banyak prajurit TNI yang gugur akibat ulah kelompok kriminal bersenjata (KKB) saat membantu menjaga stabilitas keamanan di Papua.

Baca juga: Ketua DPR dorong program petani milienal gerakan sektor pertanian

Puan memberi apresiasi kepada prajurit yang bertugas menjaga perbatasan negara di berbagai pelosok negeri hingga prajurit yang tergabung dalam Pasukan Perdamaian PBB atau "peacekeeper".

"Kita juga tahu banyak prestasi yang ditorehkan jajaran TNI, termasuk prajurit yang tergabung dalam Satgas Madago Raya yang bersama-sama Polri melumpuhkan dan menangkap banyak DPO kelompok teroris Poso," ujarnya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021