Sahabat Ganjar Gelar Seminar dan Lomba, Harap Santri Bisa Jadi Wirausaha

 

Sahabat Ganjar Gelar Seminar dan Lomba, Harap Santri Bisa Jadi Wirausaha


Liputan6.com, Jakarta Sahabat Ganjar, pendukung Gubernur Ganjar Pranowo menggelar seminar dengan tema 'Santri Kreatif Santri Muda Inspiratif' dan lomba 'Cipta Kreasi Wirausaha Santri Berprestasi'. Seminar dan lomba diadakan masih dalam suasana Hari Santri Nasional.

Acara diselenggarakan di Pondok Pesantren Tanbihul Ghofiliin Alif Baa, Mantrianom, Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (24/10/2021). Seminar singkat diisi oleh Jaka Saptana selaku Ketua Umum DPP Sahabat Ganjar dan Ketua Hipmikindo Jawa Timur Bambang Wahyuono.

Menurut Jaka, tujuan digelarnya seminar untuk menggali potensi para santri mengembangkan peluang usaha di masa pandemi Covid-19 saat ini.

"Kami berharap acara ini bisa menggali potensi diri para santri untuk bisa membuat usaha mandirinya," ujar Jaka dalam keterangannya, Minggu. 

Sementara itu, salah satu santri, Muhammad Hafiz mengungkapkan kegembiaraannya soal adanya seminar wirausaha ini.

"Jarang ada seminar wirausaha di pesantren, makanya saya sangat senang dengan adanya acara Sahabat Ganjar ini. Saya jadi lebih tahu tentang wirausaha dan cara membuka usaha baru. Semoga setelah lulus saya dan teman-teman bisa membuat usaha baru," kata Hafiz.

Kegiatan berikutnya diisi dengan lomba membuat ide wirausaha menggunakan aset yang sudah dimiliki pondok pesantren dan merepresentasikan konsep usaha yang akan dijalankan.

Nilai Penting dari Wirausaha Para Santri

Ketua DPW Sahabat Ganjar Jawa Timur Bambang Wahyuono berharap dengan seminar dan lomba ini bisa menanamkan nilai pentingnya wirausaha kepada para santri.

"Sahabat Ganjar tidak berhenti untuk memotivasi para santri khususnya di Jawa Tengah mengenai berwirausaha. Kami berharap dengaan adanya seminar dan lomba ini, para santri dapat mengimplementasikan ide-ide kewirausahannya ke kehidupan sehari-hari," kata Bambang.