Sederet Dukungan untuk Ridwan Kamil Maju di Pilpres 2024

 

Sederet Dukungan untuk Ridwan Kamil Maju di Pilpres 2024


Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku tidak akan menolak bila ada partai politik yang mencalonkannya maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Mudah-mudahan, siapa pun yang mendukung tidak boleh ditolak asal dukungannya baik. Saling menguatkan pastilah itu, kerja sama politik yang kita tunggu-tunggu," ujar pria yang karib disapa Kang Emil ini usai menjadi pembicara di Workshop Nasional DPP Partai PAN, di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa, 5 Oktober 2021. 

Terkait siapa sosok yang nantinya bisa dipasangankan dengannya bila maju di Pilpres 2024, Ridwan Kamil mengaku tidak bisa menerka. 

"Tapi apapun saya doakan datang dari generasi saya. Saya mendukung, siapapun yang memang kita dukung. Tapi sebagai solidaritas generasi, saya mendoakan agar ada perwakilan generasi saya, yang memimpin bangsa ini di periode berikutnya," ujar Ridwan Kamil. 

Dia mengungkapkan, politik berjalan sangat dinamis. Karena itu, Emil tidak ingin menduga-duga terkait dengan Pilpres 2024.

"Iya terlalu jauh yah, untuk disimpulkan sekarang. Tapi kalau auranya bagus kayak tadi, iya membesarkan hati kira-kira begitu. Bahwa jodoh tidak jodoh tidak sesederhana penglihatan sekarang. Nanti, tunggu di detik-detik akhir. Biasanya kan pemain bola ada permainan-permainan yang tidak kami pahami," tutur Emil. 

Terkait pernyataan Emil yang siap maju Pilpres, dukungan dari berbagai pihak pun bermunculan. Berikut sederet dukungan untuk[ Ridwan Kamil](4677z184 "") maju Pilpres 2024 dihimpun

PAN

Sementara, Sekjen PAN Eddy Soeparno menyatakan bahwa pihaknya siap bekerja sama dengan Ridwan Kamil untuk membangun Jawa Barat dan Indonesia.

"Kami juga siap untuk ikut berdialog secara berkesinambungan dengan Pak Ridwan Kamil untuk ikut bersama membangun Jawa Barat, membangun Indonesia ke depannya,” ujar Eddy saat dihubungi, Rabu, 6 Oktober 2021. 

Eddy mengatakan Indonesia memerlukan calon pemimpin yang progresif seperti Ridwan Kamil.Kita memang membutuhkan pemimpin muda yang progresif dan memiliki rekam jekak baik seperti Pak Ridwan Kamil, ucapnya.

PAN berencana membuka dialog lebih lanjut bersama Ridwan Kamil untuk membahas Pilpres 2024. 

"Kami tentu akan melakukan dialog lebih lanjut lagi dgn RK untuk menyamakan visi, misi dan persepsi Indonesia masa depan yang sesuai platform PAN dan rencana kerja Pak Ridwan Kamil ke depan," tutupnya.

3 dari 3 halaman

PKS

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera juga mempersilakan Ridwan Kamil untuk bergabung ke partai politik PKS.

"Monggo jika ingin berpartai. Karena memang partai perlu orang-orang tekun dan ikhlas membangun bangsa," ujar Mardani saat dikonfirmasi, Rabu, 6 Oktober 2021.

Mardani, selain mempersilahkan Emil masuk ke parpolnya, dia juga memuji Emil itu yang secara terang-terangan dan berani mengungkapkan keinginan maju Pilpres.

"Bravo Kang Emil. Bagus jika banyak pemimpin berani menyatakan secara terbuka. Biar ada kontestasi karya dan gagasan, tidak membeli kucing dalam karung," ungkap Mardani.

 

Lesty Subamin