Serba-serbi Kandidat Capres 2024

 NEWS

·
26 Oktober 2021 8:22
·
waktu baca 5 menit

Serba-serbi Kandidat Capres 2024

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Serba-serbi Kandidat Capres 2024
searchPerbesar
Kolase Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Foto: kumparan
Pilpres 2024 masih tiga tahun lagi. Namun beberapa lembaga survei sudah merilis daftar capres potensial di Pilpres 2024.
ADVERTISEMENT
Sejauh ini, kandidat capres potensial rata-rata masih berasal dari pejabat pemerintahan. Seperti Menhan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil hingga Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.
Selain itu, Menparekraf Sandiaga Uno juga selalu masuk dalam bursa capres potensial. Bersama Ketua DPR RI Puan Maharani meski elektabilitas Puan sejauh ini masih kecil.
Terbaru, lembaga survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas bursa Capres 2024. Hasilnya, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan masih berada dalam posisi tiga besar.
Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yudha, mengatakan dalam pertanyaan top of mind, elektabilitas Ganjar sebesar 18,2%, Prabowo 17,1%, dan Anies 10,2 persen.
"Dalam pertanyaan terbuka (top of mind) Capres 2024, nama-nama yang terekam antara lain Ganjar Pranowo (18.2%), Prabowo Subianto (17.1%), Anies Baswedan (10.2%)," kata Hanta.
ADVERTISEMENT
Posisi keempat diduduki Ridwan Kamil dengan 2,4%, Khofifah Indar Parawansa 2,1%, Sandiaga Uno 1,7%, Puan Maharani 1.5%, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 1,3%, dan Airlangga Hartarto 0,5%.
Sementara dalam simulasi 15 capres, nama Ganjar tetap menduduki posisi pertama dengan elektabilitas 22,9%. Lalu disusul Prabowo dengan 20% dan Anies 13,5%.
"Berdasarkan temuan survei ini, terdapat tiga kandidat yang cukup potensial dengan angka elektabilitas di atas 10%, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan," kata dia.
"Namun, mengingat pelaksanaan pilpres masih cukup jauh hingga tahun 2024, sangat mungkin terjadi berbagai dinamika, peristiwa, dan momentum politik yang berpotensi mengubah peta politik elektoral ke depan," lanjutnya.
Di posisi keempat simulasi 15 capres diduduki oleh Ridwan Kamil dengan 4,1%, AHY 3,3%, Sandiaga Uno 2,8%, Khofifah 2,5%. Puan Maharani 1,9%, Gatot Nurmantyo 1,2%, Andika Perkasa 1,2%, dan Airlangga 1%.
ADVERTISEMENT
Survei nasional ini diadakan pada 3-10 Oktober 2021 dengan 1.220 responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka. Margin eror hasil survei 2,8% dengan tingkat kepercayaan 95%.
Serba-serbi Kandidat Capres 2024 (1)
searchPerbesar
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (tengah) disambut dua penari di kampus STIKES Papua Kota Sorong, Papua Barat, Senin (25/10/2021). Foto: OLHA MULALINDA/ANTARA FOTO

Relawan Kawan Sandi Sorong Beri Dukungan Sandiaga Uno Maju Capres 2024

Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Kota Sorong, Papua Barat, Senin (25/10). Saat tiba di Bandara DEO Sorong, Bang Sandi sapaan akrabnya disambut meriah para Tokoh Lintas Agama, Tokoh Adat serta Relawan Kawan Sandi (RKS) Kota Sorong.
Yang menarik yakni saat menyambut kedatangan Bang Sandi, para Tokoh Lintas Agama, Tokoh Adat serta Relawan Kawan Sandi (RKS) Kota Sorong membawa spanduk dan memakai atribut bertuliskan Relawan Kawan Sandi (RKS).
ADVERTISEMENT
RKS sendiri terdiri dari lintas profesi, lintas suku, lintas agama dan lintas generasi yang bersatu dan berjuang untuk masa depan anak dan cucu.
"Kedatangan Bang Sandi ke Kota Sorong menunjukkan kepedulian seorang pemimpin terhadap rakyatnya," ungkap Koordinator RKS Sorong Nasir Silehu.
Menurut Nasir, selama pandemi COVID-19 menyebar di Kota Sorong, masyarakat merasa sangat kesulitan terutama masalah ekonomi. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang harus menganggur, karena terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Oleh karena itu, sambungnya, kedatangan Bang Sandi ke Kota Sorong, diharapkan bisa membangkitkan kembali semangat juang kaum muda dan masyarakat Kota Sorong.
Lanjut Nasir, sebagai bentuk kepedulian RKS terhadap masyarakat Kota Sorong khususnya di masa pandemi COVID-19, pihaknya juga menggelar aksi peduli berbagi ribuan masker kepada warga yang ramai menyambut Sandiaga Uno di Kota Sorong.
Serba-serbi Kandidat Capres 2024 (2)
searchPerbesar
Sandiaga Uno bertemu dengan Ahok asal Papua Barat. Foto: Dok. Istimewa

Sandiaga Dinilai Layak Jadi Capres 2024

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, menilai Sandiaga layak menjadi capres. Munculnya tokoh muda seperti Sandi dapat menciptakan regenerasi kepemimpinan.
ADVERTISEMENT
“Kalau melihat regenerasi kepemimpinan di 2024, Sandi sangat layak menjadi capres. Ada kemungkinan di 2024 ini bakal diisi oleh wajah-wajah baru yang bertanding,” ungkap Adi.
Potensi besar dari diri eks Wagub DKI Jakarta itu bisa dilihat dari hasil elektabilitas berbagai lembaga survei. Nama Sandi kerap bersanding dengan tokoh-tokoh seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil hingga Anies Baswedan.
“Kalau melihat survei-survei yang ada, Sandi elektabilitasnya naik, trennya positif. Sudah masuk tujuh sampai enam besar survei. Padahal Sandi ini tidak pernah mendeklarasikan dirinya sebagai capres,” tutur dosen Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Pertimbangan selanjutnya yakni Sandiaga mempunyai popularitas yang baik di masyarakat. Sejak jadi Wagub DKI hingga sekarang Menparekraf, Sandi dikenal sebagai tokoh yang aktif dan populer, khususnya di kalangan emak-emak.
ADVERTISEMENT
Menurut Adi, popularitas itulah yang menjadi keunggulan Sandiaga dibandingkan dengan calon-calon lain, terutama yang masih memiliki elektabilitas yang rendah.
“Beda dengan yang lain, misalnya ya sejak lama mendeklarasikan dirinya ataupun keliatan ingin nyapres tapi elektabilitasnya relatif stagnan, bahkan turun. Karenanya, bagi saya, Sandi adalah opsi yang cukup realistis sebagai salah satu pemimpin transformatif 2024 ya memang layak untuk diperhitungkan,” tutup dia.
Relawan Kawan Sandi (RKS) di berbagai daerah mulai mendeklarasikan dukungan kepada Sandiaga untuk maju sebagai capres 2024. Sebut saja di Pekanbaru hingga Sorong, Papua.
Serba-serbi Kandidat Capres 2024 (3)
searchPerbesar
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengikuti upacara Penetapan Komponen Cadangan. Foto: Dok. Menhan Prabowo Subianto

Prabowo Dinilai Masih Pikir-pikir Maju Capres 2024 atau Jadi King Maker

Partai Gerindra sudah menyatakan akan kembali mengusung Prabowo sebagai Capres 2024. Namun, Prabowo masih belum menentukan sikapnya di Pilpres 2024.
ADVERTISEMENT
Adi Prayitno menilai, Menteri Pertahanan itu sedang mempertimbangkan posisinya di Pilpres 2024. Antara maju sebagai capres atau menjadi king maker.
“Saya kira Pak Prabowo sedang menghitung untuk 2024 apakah mau maju kembali atau jadi king maker,” kata Adi.
Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia itu menilai, usia menjadi faktor yang mempengaruhi pilihan tersebut. Ia memperkirakan akan muncul regenerasi kepemimpinan di 2024 mendatang.
“Sekali pun Prabowo diusung maju, belum tentu Prabowo menyatakan kesiapannya untuk bertanding karena umurnya juga relatif cukup senior. Di 2024, umurnya sudah 73. Sepertinya ada kemungkinan regenerasi untuk 2024,” pungkasnya.
Sebelumnya, sejumlah kader Gerindra menyatakan dukungannya agar Prabowo kembali maju sebagai capres di Pilpres 2024. Wakil Ketum DPP Gerindra, Habiburokhman, mengatakan kader tetap mendorong Prabowo maju di Pilpres 2024.