CEK FAKTA: Hoaks, Foto Megawati Mengusung Ganjar sebagai Capres PDIP

 

CEK FAKTA: Hoaks, Foto Megawati Mengusung Ganjar sebagai Capres PDIP

Selasa, 9 November 2021 20:00Reporter : Syifa Hanifah
  •  
  •  


Hoaks, Foto Megawati Mengusung Ganjar sebagai Capres PDIP. Facebook

Merdeka.com - Beredar foto Megawati Soekarnoputri bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Narasi dalam foto itu menyebutkan jika Megawati mengusung Ganjar sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan.

"Ibu Megawati nasionalis sejati penuh pertimbangan yang matang untuk menentukan Capres, beliau tidak pernah terpengaruh dgn garis keturunan, beliau selalu berpijak pada kans & elektabilitas. Dengan mengusung GANJAR PRANOWO, kemenangan adalah hak mutlak untuk diperjuangkan PDI Perjuangan."



Facebook

Penelusuran

Setelah ditelusuri, foto yang diklaim Megawati mengusung Ganjar sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan adalah keliru. Melansir dari Tempo.co, foto itu diambil saat Megawati memberikan rekomendasi kepada Ganjar yang saat itu akan maju sebagai calon Gubernur Jawa Tengah pada 2018 lalu.

Foto tersebut salah satunya pernah dipublikasikan di situs Tirto.id pada 7 Januari 2018. Foto itu sendiri hasil jepretan fotografer kantor berita ANTARA, Sigid Kurniawan.

Tirto memberikan keterangan: Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyerahkan berkas rekomendasi kepada bakal calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (7/1/2018) silam.

Kemudian, situs ANTARA, memang mempublikasikan peristiwa tersebut pada 7 Januari 2018 dan keterangan pada foto tersebut:

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (kiri) menyerahkan berkas rekomendasi kepada bakal calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (7/1). PDIP resmi mengumumkan para cagub dan cawagub enam provinsi yakni provinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur pada Pilkada 2018. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww/18.

Sebagai informasi, hingga artikel ini ditulis pada Selasa (9/11), PDIP belum secara resmi mengumumkan nama yang akan diusung sebagai calon presiden dalam Pilpres 2024.

Kesimpulan

Klaim Foto Megawati mengusung Ganjar maju di Pilpres 2024 adalah salah. Faktanya, foto itu, diambil saat Megawati memberikan rekomendasi kepada Ganjar yang saat itu akan maju sebagai calon Gubernur Jawa Tengah pada 2018 lalu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://cekfakta.tempo.co/fakta/1557/menyesatkan-foto-yang-diklaim-megawati-mengusung-ganjar-sebagai-capres-pdip
https://www.antarafoto.com/mudik/v1515321616/pengumuman-cagub-cawagub-pdip [lia]