hasil temuan audit dijadikan acuan dalam membenahi kinerja organisasi
Manado (ANTARA) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwjaya menjelaskan audit kinerja bertujuan mengarahkan organisasi agar bertindak dan melaksanakan kegiatan sesuai aturan.

"Audit kinerja bukanlah mencari-cari kesalahan, akan tetapi mengarahkan organisasi untuk bertindak dan melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan dan perundangan yang ada," kata Danlantamal dalam sambutan dibacakan Wadanlantamal VIII Kolonel Laut (P) May Franky Pasuna Sihombing pada penutupan audit kinerja Lantamal VIII, di Manado, Rabu.

Danlantamal menyampaikan bahwa pada pelaksanaan audit kinerja kali ini Lantamal VIII dan jajaran telah mendapatkan masukan-masukan yang komprehensif dan konstruktif.

"Sehingga dimasa mendatang dapat menjalankan tugas sesuai ketentuan dan memiliki kesamaan persepsi serta intepretasi dalam menjabarkan berbagai aturan yang berlaku," katanya.

Ia mengatakan agar hasil temuan audit dijadikan acuan dalam membenahi kinerja organisasi.

"Kegiatan yang telah sesuai aturan agar dipertahankan dan ditingkatkan, kemudian kegiatan yang masih memerlukan penyempurnaan agar segera ditindaklanjuti sehingga temuan pemeriksaan tidak akan terulang pada kesempatan lain,"katanya.

Danlantamal VIII mengucapkan terima kasih kepada Ketua beserta Tim Audit Kinerja Koarmada II yang telah melaksanakan audit di jajaran Lantamal VIII.

"Pada kesempatan ini saya juga sampaikan permohonan maaf bila dalam penerimaan maupun selama pelaksanaan audit disini ada hal-hal yang kurang berkenan," katanya.

Sementara itu Inspektur Koarmada (Irkoarmada) II Laksamana Pertama TNI Bambang Supriyanto, dalam sambutan dibacakan Ketua Tim Audit Kolonel Laut (S) Thamrin mengatakan bahwa selama audit kinerja pihak objek audit secara terbuka telah memberikan semua data yang diperlukan, sehingga kinerja tim audit dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

"Hal ini dapat dilihat dari tingkat efisiensi dan efektivitas dalam melaksanakan audit terhadap kinerja organisasi, perbendaharaan dan keuangan di masing-masing entitas," katanya.

Sehubungan dengan hasil audit, Irkoarmada II mengimbau agar jajaran Lantamal VIII menindaklanjuti sesuai rekomendasi yang disampaikan, dilengkapi dokumen pendukung dan bila menemukan kesulitan agar dikomunikasikan.

Pada acara penutupan yang berlangsung di Ruang Serbaguna Markas Komando Lantamal VIII, Ketua Tim Audit Kolonel Laut (S) Thamrin menyerahkan hasil audit kepada Wadan Lantamal VIII Kolonel Laut (P) May Franky Pasuna Sihombing.

Baca juga: Lantamal VIII gelar vaksinasi dosis kedua masyarakat maritim di Bitung
Baca juga: TNI AL vaskinasi COVID-19 masyarakat maritim di Minahasa Utara
Baca juga: TNI AL gelar vaksinasi di Pantai Kinunang Likupang Sulut

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021