Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Mandalika Gran Prix Association (MGPA) selaku penyelenggara balapan World Superbike (WSBK) terus menyelesaikan fasilitas pendukung termasuk pengecatan garis star (star line) di Sirkuit Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

"Titik garis star dicat hari ini dan tuntas sebelum balapan," kata Kepala Operasional MGPA Dyan Dilato di Praya, Lombok Tengah, Kamis.

Ia mengatakan, proses pengecetan kerbs line, track line Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 kilometer dengan 17 tikungan itu telah diselesaikan, sekarang masih dalam tahap pengeringan hasil pengecatan.

"Sedangkan pemasangan lampu star saat ini masih dikerjakan, ditargetkan selesai sebelum balapan Asian Talent Cup (IATC)," katanya.

"Semua harus jadi dan berfungsi sebelum balapan digelar," katanya.

Pengecatan lintasan sirkuit itu dilakukan oleh tim khusus dari Dorna Sport yang sudah berpengalaman dalam dunia pengecatan sirkuit dan menggunakan alat pengecatan khusus serta jenis cat yang dipakai itu adalah cat anti slip.

Tampilan Sirkuit Mandalika setelah di cat, kini lebih cantik, bahkan motif cat di tikungan 16 menjadi perhatian warga maupun warga net karena motif warna garis cat yang unik dan lebih mencolok seperti motif kain tenun yang merupakan hasil kerajinan masyarakat sasak Lombok.

Warna cat lintasan sirkuit itu terdiri dari warna merah, warna putih, dan warna hijau, yang berada di tepi trek. Warna merah dan putih bertujuan untuk memandu pebalap di lintasan.

Warna hijau menandakan track limit atau pembatas trek, bagian ini tidak boleh terkena ban roda motor oleh para pebalap, jika menyentuh garis cat warna itu pebalap bisa dijatuhi penalti.

Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah balapan IATC tanggal 12-14 November dan dilanjutkan WSBK tanggal 19-21 November 2021 serta tuan rumah MotoGP Indonesia 2022.

Berdasarkan kalender MotoGP yang telah dirilis Dorna Sportif, Sirkuit Mandalika juga akan jadi lokasi tes Pramusim MotoGP 11 Februari 2022.


Baca juga: MGPA: Sistem pemasangan alat WSBK Mandalika segera selesai
Baca juga: Pembangunan "homestay" di sekitar Mandalika rampung menjelang WSBK
Baca juga: Boeing 777F pengangkut logistik WSBK 2021 tiba di Bandara Lombok

 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021