Napi Narkoba Kabur, Kemenkumham Periksa Pejabat Lapas Tangerang

 Napi Narkoba Kabur, Kemenkumham Periksa Pejabat Lapas Tangerang

Reporter: 
Editor: 

Iqbal Muhtarom

A bin M, 43 tahun, terpidana narkoba yang kabur dari Lapas Kelas I A Tangerang.  Foto: Istimewa

A bin M, 43 tahun, terpidana narkoba yang kabur dari Lapas Kelas I A Tangerang. Foto: Istimewa

TEMPO.COJakarta - Tim Inspektorat Jendral Kementerian Hukum dan HAM hari ini Senin 13 Desember  2021  turun langsung  memeriksa  sejumlah  pejabat struktural di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1A Tangerang  atau Lapas Tangerang terkait  pelarian Adam bin Musa 43 tahun terpidana  narkoba.

Adam diketahui  kabur pada Rabu 8 Desember  2021. Jejaknya saat ini dalam pencarian gabungan petugas Lapas bersama  Kepolisian. Pria asal Aceh ini diburu hingga Pulau Sumatera.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Banten  Agus Thoyib  menyatakan  dalam pemeriksaan  bersama Itiend, pihaknya  engirimkan lima orang petugas pemeriksa.  Namun  Thoyib belum menjelaskan  hasil pemeriksaan.  "Belum ada laporan,"jawab Thoyib  dalam pesan Whats'Ap  kepada Tempo Senin malam.

Tempo justru memperoleh  bocoran bahwa pemeriksaan  terhadap para pejabat struktural itu berfokus pada pemberian asimilasi dan  pengamanan di luar lapas, kronologi  kejadian kaburnya A dan pengawalan  petugas terhadap para WBP yang bekerja di Car Wash itu. Di mana A kabur dari lokasi cuci mobil itu dengan alasan membeli rokok.

Adapun dari jumlah 20 pejabat struktural  mulai  pelaksana harian Kepala Lapas, Kepala Pengamanan Lapas  para kepala bidang dan kepala seksi baru  tiga  bagian yang diperiksa pada hari Senin 13 Desember  2021.  Dua orang  itu Kepala bidang kegiatan  kerja  berinisial  TWS dan Kabid Pembinaan  merangkap KPLP  berinisial JM.

Kakanwil Thoyib mengatakan  pemeriksaan  para pejabat Lapas Tangerang itu sebenarnya  sudah dilakukan  sejak hari Kamis  9 Desember  2021 dan dilanjutkan  pada Senin  13 Desember  2021. Dan terus berkelanjutan terhadap  pejabat dan pegawai terkait.

AYU CIPTA